Skip to main content

Dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy

Dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy,- Perbincangan mengenai 'Dimanakah Tuhan' sebenarnya merupakan masalah kolot. Sejak berabad-abad lalu masalah ini telah menjadi bahan perdebatan para teolog dari berbagai aliran. Namun belakangan isu ini kembali dimunculkan oleh Wahhabi. Menurut mereka Alloh berada di Atas Arsy. 

Berbagai klaim dilontarkan oleh Wahhabi. Mereka menyebut aqidah Alloh di Atas arsy sebagai aqidah para Nabi. Klaim tersebut lahir dari kisah Firaun yang memerintah haman untuk membuat bangunan tinggi. Rencananya Firaun akan melihat Tuhan yang berada di langit. Menurut Wahhabi, Firaun mengetahui Tuhan berada di langit karena Nabi Musa memberitahukannya.

Tetapi ternyata tidak ada bukti autentik bahwa Nabi Musa pernah mengatakan Alloh berada di atas langit (tidak pula di atas arsy) kepada Firaun. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya yang berjudul Aqidah Wahhabi Ternyata Mengadopsi Hayalan Firaun. 

Dimanakah Tuhan?


Jika pertanyaan 'di manakah tuhan' di ajukan kepada wahhabi, maka mereka akan menjawab Alloh berada di atas arsy. Banyak sekali dalil yang mereka berikan. Namun yang paling sering diajukan adalah surat Thoha : 5. Dalam surat ini dijelaskan bahwa Alloh istawa atas arsy. 

الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى

Artinya: "(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang istawa atas 'Arsy". 

Penjelasan serupa juga terdapat dalam surat Al-a'rof : 54, Yunus : 3, Ar-Ro'd : 2, Al-furqon : 59, As-sajdah : 4, Al-Hadid : 4. 

Dengan melihat makna zohir ayat tersebut, Wahhabi mengatakan bahwa Alloh berada di arsy. Istawa dimaknai dengan istaqoro yang jika dialihkan ke dalam bahasa Indonesia berarti menetap atau bersemayam. Jadi Di manakah Tuhan? Alloh berada di atas Arsy. Begitu kata wahhabi. 

Dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy
Bentuk semesta raya menurut sains modern


Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy


Namun setelah saya selidiki Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy. Saya telah melakukan penelitian sekalipun hanya kecil-kecilan. Saya ingin mendapatkan kepastian jawaban untuk pertanyaan 'Dimanakah Tuhan' di dalam Al-Quran. 

Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini mengikuti metode wahhabi dalam memahami ayat mutasyabihat yakni melihat zohir ayat. Dan hasilnya sangat mengejutkan, ada beberapa ayat yang menjelaskan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy

1. Alloh berada di langit dan di bumi 


Al-An'am :3 

وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ

Artinya: Dan Dialah Allah, di langit dan di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan dan mengetahui (pula) apa yang kamu usahakan. 

2. Alloh Ada Dimana-mana


Al-baqoroh : 115 

وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ 

Artinya: "Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah".

Kalimat 'Faainama tuwallu' kemanapun kalian menghadap, ini menunjukan segalah arah. Ketika di segala arah ada wajhulloh, berarti zohir ayat ini menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan Alloh ada di mana-mana.

3. Alloh Ada Di Palestina


Ash-shofat : 99

وَقَالَ إِنِّي ذَاهِبٌ إِلَى رَبِّي سَيَهْدِينِ 

“Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.” 

Nabi Ibrohim akan pergi menghadap Alloh. Dan ternyata beliau melakukan perjalanan dari Iraq menuju Syam (Baca: Palestina). 

Surat al-ankabut: 26. 

فَآمَنَ لَهُ لُوطٌ وَقَالَ إِنِّي مُهَاجِرٌ إِلَى رَبِّي إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: "Maka Luth membenarkan (kenabian)nya. Dan berkatalah Ibrahim: "Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." 

Dalam ayat ini terekam perkataan Nabi Ibrohim bahwa beliau akan pergi berhijrah menuju Tuhannya. Menurut Ibn Kasir, -dengan menukil pendapat Qotadah- bahwa Nabi Ibrohim menuju Syam (Baca Palestina). 

Jika Alloh berada di atas Arsy seharusnya Nabi Ibrohim pergi menuju Arsy. Maka zohir dua ayat ini menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan Alloh berada di Palestina.

4. Alloh menyertai hambanya. 


Al-mujadalah : 7 

مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ إِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَا أَدْنَى مِنْ ذَلِكَ وَلَا أَكْثَرَ إِلَّا هُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا كَانُوا

Artinya: "Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada". 

Secara zohir Ayat ini menjelaskan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan bersama hambanya. Ini diperkuat dengan surat al-baqoroh : 186 ketika Alloh mengklaim bahwa Dia dekat dengan hambanya. 

5. Alloh Berada Dekat Dengan Hambanya


Al-Baqoroh : 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ 

Artinya: "Jika hamba-Ku bertanya kepada mu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat". 

Saya tidak tahu berapa jarak antara bumi dan arsy. Satu kata yang mungkin tepat untuk mengungkapkannya adalah 'Jauh'. Arsy berada jauh di atas sana. Jika Alloh berada di atas arsy, seharusnya Alloh berfirman: 'Sesungguhnya aku Jauh'. Saat Alloh menyatakan bahwa Dia dekat, berartin Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy. 

6. Alloh lebih dekat dengan hamba-Nya ketimbang urat leher. 


Qof : 16

وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Artinya: "dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya".

7. Alloh berada di alam kubur atau alam barzakh.


Ali Imron : 158 

وَلَئِنْ مُتُّمْ أَوْ قُتِلْتُمْ لَإِلَى اللَّهِ تُحْشَرُونَ

Artinya: "Dan sungguh jika kamu meninggal atau gugur, tentulah kepada Allah saja kamu dikumpulkan."

Setelah mati, manusia menempati Alam kubur atau alam barzakh. Jika Alloh berada di atas arsy, seharusnya ruh orang mati di kumpulkan di atas arsy. Sebab menurut ayat ini orang yang mati akan di kumpulkan kepada Alloh. Ketika kita sama-sama tahu bahwa ruh tidak dikumpulkan di atas arsy maka dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy. 

8. Alloh berada di Padang Masyar


Al-Baqoroh : 281 

وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ

Artinya: "Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah."

Ayat ini menjelaskan bahwa manusia akan di kembalikan kepada Alloh pada hari kiamat. Kita semua tahu setelah kiamat, manusia akan dikumpulkan di padang Masyar. Maka zohir ayat ini menunjukan bahwa Alloh berada di padang masyar.

Dimakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Ada Di Atas Arsy


Sebagaimana yang telah tampak secara nyata, kita tidaklah mungkin memutuskan bahwa Alloh berada di atas Arsy dengan hanya melihat zohir thoha ayat 5 dan ayat sejenisnya. Sebab banyak ayat lain yang secara zohir menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy. 

Jika kita paksakan untuk meyakini Alloh berada di atas arsy maka keyakinan ini akan menyebabkan terjadinya pertentangan dalam al-quran. Padahal kita sama-sama tahu, mustahil dalam al-quran terjadi pertentangan. 

Hal yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan membuat standar ganda. Standar pertama: memahami toha: 5 secara zohir dan mengharamkan ta'wil. Standar kedua: menta'wil ayat lain yang menunjukan  Alloh tidak berada di atas arsy. Dan inilah yang terjadi pada Wahhabi. 

Akan tetapi jika kita menggunakan standar ganda, maka ini cukup membuktikan bahwa kita salah dalam memahami ayat al-quran. Lagi pula Wahhabi telah mengharamkan ta'wil. Mengalihkan makna zohir ayat yang membicarakan sifat Alloh mereka sebut sebagai tahrif. 

Itu artinya, standar ganda menyebabkan kita melakukan tahrif. Tentunya kita tidak menginginkan hal itu. Maka standar ganda tidak boleh digunakan. 

Sebagai penutup artikel ini saya ingin menukil sebuah perintah dalam surat Adzariyat : 50 : 

فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ 

Artinya: "Maka pergilah kepada Alloh.."

Apakah dengan melihat zohir ayat ini kemudian anda akan pergi ke atas arsy? Jika tidak, maka Dimakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy'. Itulah jawaban yang benar. 

Comments

  1. Yang bilang: "Alloh bersemayam di atas arys" kan Alloh sendiri, anda KOK NGEYEL DAN SOK NGAJARI ALLOH

    ReplyDelete
  2. Dalam ayat lain Alloh menyatakan bahwa Dia tidak berada di atas arsy sebagaimana yg saya jelaskan dlm artikel.

    Kok anda ngeyel dan sok ngajari Alloh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nabi Muhammad Mempersaudarakan Muhajir dan Anshor

Persaudaraan  Muhajir dan Anshor Madinah yang saat itu bernama Yatsrib merupakan fase  baru  dalam hidup Nabi Muhammad . Di sini dimulainya suatu fase politik yang telah diperlihatkan oleh Muhammad dengan segala kecakapan, kemampuan dan pengalamannya, yang akan membuat orang jadi termangu, lalu menundukkan  kepala  sebagai  tanda  hormat  dan  rasa  kagum. Tujuannya yang pokok akan mencapai Yathrib - tanah airnya yang baru - ialah meletakkan dasar kesatuan politik dan organisasi, yang  sebelum  itu  di  seluruh  wilayah  Hijaz belum dikenal; sungguhpun jauh sebelumnya di Yaman memang sudah pernah ada. Sekarang Nabi Muhammad bermusyawarah dengan kedua wazirnya  Abu  Bakr dan  Umar  -  demikianlah  mereka dinamakan. Dengan sendirinya yang menjadi pokok pikirannya yang  mula-mula  ialah  menyusun barisan  kaum Muslimin serta mempererat persatuan mereka, guna menghilangkan segala  bayangan  yang  akan  membangkitkan  api permusuhan  lama di kalangan mereka itu. Strategi Nab

Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, Bagaimana hukumnya?

Persoalan Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, saat ini banyak dibicarakan di medsos. Mereka mencoba menjawab pertanyaan Bagaimana hukumnya? Ilustrasi Jawaban Tidak ada yang mensyaratkan sholat jum'at harus di dalam masjid selain madzhab Maliki. Madzhab Syafii yang diikuti oleh mayoritas warga Indonesia, tidak melarang sholat jum'at di luar masjid. Itu artinya, sholat jum'at di jalan raya tetap sah. Berikut ta'bir dalam kitab-kitab madzhab syafii: قال في حاشية الشرواني على تحفة المنهج قول المتن في خطة أبنية...... الخ اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في مغني المحتاج على المنهاج ص ٤١٧ جز اول في قول المتن( أن تقام في خطة أبنية أوطان المجمّعين) اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في شرح المحلي على المنهاج ص ٢٧٢ جز اول   في قول المتن ( أن تقام في خطّة أبنية أوطان المجمّعين) لأنها لم تقم في عصر النّبيّ صلى اللّه عليه وسلّم والخلفاء الراشدين إلاّ في مواضع الإقامة كما هو معلوم وهي ما ذكر سواء فيه المسجد والدّار والفضاء ..اھ قال

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu , - Dalam al-quran, diahir surat anisa’ ayat 47 terdapat kalimat (yang artinya) “atau kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari sabtu...” Di sana terdapat kalimat hari sabtu dan tentunya ini melahirkan pertanyaan tentang hari sabtu dan itulah yang ditanyakan oleh member grup Fiqih Madzhab Syafi’i yang saya dirikan di facebook. Berikut pertanyaan tentang Tafsir Surat An-Nisa Ayat 47 Tentang Hari Sabtu. Alam Poetra Losariez السلا م عليكم .... Mohon penjelasan para alim,ustadz,ustadzah . Dalam surat an_nisa ayat 47 (d terakhir surat )yangg ber bunyi : ٠٠٠٠اونلعنهم كما لعنا اصحب السبت وكان امرالله مفعولا(٤٧) “... ataw kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang(yang berbuat maksiat) pada hari sabat(sabtu).dan ketetapan bagi allah pasti berlaku(Q,S an_nisa ayat 47) Pertanyaannya ... : ada apa dengan hari sabtu ? apakah hari sabtu hari yang d istimewakan a