Skip to main content

Posts

Nabi Muhammad Mempersaudarakan Muhajir dan Anshor

Persaudaraan  Muhajir dan Anshor Madinah yang saat itu bernama Yatsrib merupakan fase  baru  dalam hidup Nabi Muhammad . Di sini dimulainya suatu fase politik yang telah diperlihatkan oleh Muhammad dengan segala kecakapan, kemampuan dan pengalamannya, yang akan membuat orang jadi termangu, lalu menundukkan  kepala  sebagai  tanda  hormat  dan  rasa  kagum. Tujuannya yang pokok akan mencapai Yathrib - tanah airnya yang baru - ialah meletakkan dasar kesatuan politik dan organisasi, yang  sebelum  itu  di  seluruh  wilayah  Hijaz belum dikenal; sungguhpun jauh sebelumnya di Yaman memang sudah pernah ada. Sekarang Nabi Muhammad bermusyawarah dengan kedua wazirnya  Abu  Bakr dan  Umar  -  demikianlah  mereka dinamakan. Dengan sendirinya yang menjadi pokok pikirannya yang  mula-mula  ialah  menyusun barisan  kaum Muslimin serta mempererat persatuan mereka, guna menghilangkan segala  bayangan  yang  akan  membangkitkan  api permusuhan  lama di kalangan mereka itu. Strategi Nab

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Sayyiduna Muhammad SAW adalah putra Abdulloh dan Aminah Al-Quroisyiyah. Beliau adalah ahir para Nabi dan untusan Alloh kepada seluruh manusia agar mereka menyembah hanya kepada Alloh dan tidak menyekutukan-Nya.  Beliau dilahirkan di Makkah pada hari senin tanggal 12 robiul awal. Ini menurut pendapat yang paling kuat sebagaimana yang dijelaskan oleh  Muhammad Husain Haikal .  Ayah Nabi   Muhammad SAW  meninggal dunia sebelum kelahiran beliau dan dimakamkan di Madinah. Kemudian ibu beliau mengasuhnya. Setelah menyusu dengan ibu beliau, beliau disusui oleh Tsuwaibah al aslamiyah kemudian Halimah Assa’diyah. Pada usia 6 tahun, ibu beliau meninggal dunia di tanah Abwa’. Kemudian beliau diasuh oleh Ummu Aiman dan ditanggung oleh kakek beliau ; Abdul Muththolib . Kakek beliau meninggal ketika beliau berusia 8 tahun. Kemudian beliau ditanggung oleh pamannya; Abu Tholib. Pada usia 9 tahun, beliau melakukan perjalanan menuju Syam bersama Abu Tholib. Saat itulah rahib buhairo melihat be

Sejarah Maulid Nabi Muhammad Saw

Aminah sudah hamil, dan kemudian, seperti  wanita  lain  iapun melahirkan.  Selesai  bersalin  dikirimnya berita kepada Abd'l Muttalib  di  Ka'bah,  bahwa  ia   melahirkan   seorang   anak laki-laki.  Alangkah gembiranya orang tua itu setelah menerima berita. Sekaligus ia teringat kepada Abdullah anaknya. Gembira sekali  hatinya  karena  ternyata pengganti anaknya sudah ada.  Situs yang diduga sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad Cepat-cepat ia menemui menantunya itu,  diangkatnya  bayi  itu lalu  dibawanya  ke  Ka'bah. Ia diberi nama Muhammad. Nama ini tidak umum di kalangan orang Arab tapi cukup dikenal. Kemudian dikembalikannya  bayi  itu  kepada  ibunya.  Mengenai  tahun  ketika  Muhammad  dilahirkan,  beberapa  ahli berlainan pendapat. Sebagian besar mengatakan pada Tahun Gajah (570  Masehi). Ibn  Abbas mengatakan ia dilahirkan pada Tahun Gajah itu. Yang lain berpendapat  kelahirannya  itu  lima belas tahun sebelum peristiwa gajah. Selanj

Kesalahan Wahhabi Dalam Mengkategorikan Tawasul

Jika anda menulis kata kunci Tawasul Dengan Zat Nabi di googel searh, maka anda akan menemukan hasil pencarian seperti screen shot berikut: Kesalahan Wahhabi Dalam Mengkategorikan Tawasul Alhamdulillah setelah melakukan beberapa usaha meningkatkan seo blog ahirnya blog saya berhasil menempati urutan pertama di google mengalahkan tiga web milik wahhabi yang tadinya menempati urutan teratas. Namun yang kita bahas kali ini bukan masalah seo melainkan masalah Kesalahan Wahhabi Dalam Mengkategorikan Tawasul. Seperti yang tampak dalam screen shot, web saya qosimaly.blogspot.com menempati urutan pertama kemudian disusul oleh tiga web wahhabi; rumaisho.com, abul-jauza.blogspot.com dan muslim.or.id. Dalam breadcrumbs rumaisho.com yang dibangun oleh Muhammad Abduh Al-Wahhabi terlihat jelas tawasul dimasukan kedalam kategori aqidah . Selanjutnya, jika kita masuk ke web milik abul-jauza dan web muslim.or.id juga kita dapati tawasul dikategorikan sebagai masalah akidah. (Lihat

Apakah orang yang melihat hilal wajib mengabarkannya

Dalam islam puasa dibulan ramadan hukumnya adalah wajib. Kita wajib melaksanakannya apabila hilal telah terlihat.  Namun tidak semua tempat bisa digunakan untuk melihat hilal (bulan) pertama. Demiakian juga tidak semua orang bisa melihat hilal.  Hal ini melahirkan pertanyaan, Apakah orang yang melihat hilal wajib mengabarkannya? Melihat Hilal Jawab: wajib. Refrensi: Kitabul Fiqh ‘Alal Madzahib Al-arba’ah juz 1 hlm 499 cet. Darul Kutub Al-Ilmiyah. ويجب علي من رأى الهلال ممن تصح شهاد ته أن يشهد بذلك في ليلته عند القا ضي إذا كان في المصر. فإن كان في قرية فعليه إن يشهد بين الناس بذلك في المسجد ولو كان الذى رآه أمرإة مخدرة . ( كتاب الفقه علي المذاهب الأربعة ج 1 ص 499 مكتبة دار الكتب العلمية ) Artinya: “ bagi orang yang persaksiannya sah yang melihat hilal wajib memberitahukannya kepada qodi pada malam harinya. Jika ia orang desa maka wajib mempersaksikannya kepada orang2 di dalam masjid walaupun ia adalah seorang wanita. ”  Wallohu a’lam

Arisan Termasuk Akad Apa?

Di masyarakat Indonesia telah terjadi tradisi arisan. Hampir disetiap tempat di adakan arisan. Melihat fenomena ini tentunya lahir pertanyaan Arisan itu termasuk akad apa? Arisan Termasuk Akad Apa? Arisan merupakan sekelompok orang yang mengumpulkan uang atau barang dalam jumlah yang sama dan akan ada yang menjadi pemenag melalui undian yang dilaksanakan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya. Dari pengertian diatas jelas bahwa arisan terdiri dari 2 kegitan pokok yaitu pengumpulan uang dan pengundian diantara peserta arisan yang bertujuan untuk menenutukan siapa yang memperolehnya. Hukum arisan secara syariah yaitu arisan merupakan muamalat yang belum pernah di bahas dalam alquran dan as sunah secara langsung, maka hukumnya dikembalikan kepada hukum asal muamalah yaitu dibolehkan. Dalam kitab qulyubi juz 2 hlm 258 dijelaskan: فَرْعٌ) الْجُمُعَةُ الْمَشْهُوْرَةُ بَيْنَ النِّسَاءِ بِاَنْ تَأْخُذَ اِمْرَأَةٌ مِنْ كُلِّ وَاحِدَةٍ مِنْ جَمَاعَةٍ م