Dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy,- Perbincangan mengenai 'Dimanakah Tuhan' sebenarnya merupakan masalah kolot. Sejak berabad-abad lalu masalah ini telah menjadi bahan perdebatan para teolog dari berbagai aliran. Namun belakangan isu ini kembali dimunculkan oleh Wahhabi. Menurut mereka Alloh berada di Atas Arsy.
Berbagai klaim dilontarkan oleh Wahhabi. Mereka menyebut aqidah Alloh di Atas arsy sebagai aqidah para Nabi. Klaim tersebut lahir dari kisah Firaun yang memerintah haman untuk membuat bangunan tinggi. Rencananya Firaun akan melihat Tuhan yang berada di langit. Menurut Wahhabi, Firaun mengetahui Tuhan berada di langit karena Nabi Musa memberitahukannya.
Tetapi ternyata tidak ada bukti autentik bahwa Nabi Musa pernah mengatakan Alloh berada di atas langit (tidak pula di atas arsy) kepada Firaun. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya yang berjudul Aqidah Wahhabi Ternyata Mengadopsi Hayalan Firaun.
Dimanakah Tuhan?
Jika pertanyaan 'di manakah tuhan' di ajukan kepada wahhabi, maka mereka akan menjawab Alloh berada di atas arsy. Banyak sekali dalil yang mereka berikan. Namun yang paling sering diajukan adalah surat Thoha : 5. Dalam surat ini dijelaskan bahwa Alloh istawa atas arsy.
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
Artinya: "(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang istawa atas 'Arsy".
Penjelasan serupa juga terdapat dalam surat Al-a'rof : 54, Yunus : 3, Ar-Ro'd : 2, Al-furqon : 59, As-sajdah : 4, Al-Hadid : 4.
Dengan melihat makna zohir ayat tersebut, Wahhabi mengatakan bahwa Alloh berada di arsy. Istawa dimaknai dengan istaqoro yang jika dialihkan ke dalam bahasa Indonesia berarti menetap atau bersemayam. Jadi Di manakah Tuhan? Alloh berada di atas Arsy. Begitu kata wahhabi.
Bentuk semesta raya menurut sains modern |
Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy
Namun setelah saya selidiki Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy. Saya telah melakukan penelitian sekalipun hanya kecil-kecilan. Saya ingin mendapatkan kepastian jawaban untuk pertanyaan 'Dimanakah Tuhan' di dalam Al-Quran.
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini mengikuti metode wahhabi dalam memahami ayat mutasyabihat yakni melihat zohir ayat. Dan hasilnya sangat mengejutkan, ada beberapa ayat yang menjelaskan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy.
1. Alloh berada di langit dan di bumi
Al-An'am :3
وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ
Artinya: Dan Dialah Allah, di langit dan di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan dan mengetahui (pula) apa yang kamu usahakan.
2. Alloh Ada Dimana-mana
Al-baqoroh : 115
وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ
Artinya: "Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah".
Kalimat 'Faainama tuwallu' kemanapun kalian menghadap, ini menunjukan segalah arah. Ketika di segala arah ada wajhulloh, berarti zohir ayat ini menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan Alloh ada di mana-mana.
3. Alloh Ada Di Palestina
Ash-shofat : 99
وَقَالَ إِنِّي ذَاهِبٌ إِلَى رَبِّي سَيَهْدِينِ
“Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”
Nabi Ibrohim akan pergi menghadap Alloh. Dan ternyata beliau melakukan perjalanan dari Iraq menuju Syam (Baca: Palestina).
Surat al-ankabut: 26.
فَآمَنَ لَهُ لُوطٌ وَقَالَ إِنِّي مُهَاجِرٌ إِلَى رَبِّي إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
Artinya: "Maka Luth membenarkan (kenabian)nya. Dan berkatalah Ibrahim: "Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."
Dalam ayat ini terekam perkataan Nabi Ibrohim bahwa beliau akan pergi berhijrah menuju Tuhannya. Menurut Ibn Kasir, -dengan menukil pendapat Qotadah- bahwa Nabi Ibrohim menuju Syam (Baca Palestina).
Jika Alloh berada di atas Arsy seharusnya Nabi Ibrohim pergi menuju Arsy. Maka zohir dua ayat ini menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan Alloh berada di Palestina.
4. Alloh menyertai hambanya.
Al-mujadalah : 7
مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ إِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَا أَدْنَى مِنْ ذَلِكَ وَلَا أَكْثَرَ إِلَّا هُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا كَانُوا
Artinya: "Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada".
Secara zohir Ayat ini menjelaskan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy melainkan bersama hambanya. Ini diperkuat dengan surat al-baqoroh : 186 ketika Alloh mengklaim bahwa Dia dekat dengan hambanya.
5. Alloh Berada Dekat Dengan Hambanya
Al-Baqoroh : 186
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ
Artinya: "Jika hamba-Ku bertanya kepada mu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat".
Saya tidak tahu berapa jarak antara bumi dan arsy. Satu kata yang mungkin tepat untuk mengungkapkannya adalah 'Jauh'. Arsy berada jauh di atas sana. Jika Alloh berada di atas arsy, seharusnya Alloh berfirman: 'Sesungguhnya aku Jauh'. Saat Alloh menyatakan bahwa Dia dekat, berartin Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy.
6. Alloh lebih dekat dengan hamba-Nya ketimbang urat leher.
Qof : 16
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ
Artinya: "dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya".
7. Alloh berada di alam kubur atau alam barzakh.
Ali Imron : 158
وَلَئِنْ مُتُّمْ أَوْ قُتِلْتُمْ لَإِلَى اللَّهِ تُحْشَرُونَ
Artinya: "Dan sungguh jika kamu meninggal atau gugur, tentulah kepada Allah saja kamu dikumpulkan."
Setelah mati, manusia menempati Alam kubur atau alam barzakh. Jika Alloh berada di atas arsy, seharusnya ruh orang mati di kumpulkan di atas arsy. Sebab menurut ayat ini orang yang mati akan di kumpulkan kepada Alloh. Ketika kita sama-sama tahu bahwa ruh tidak dikumpulkan di atas arsy maka dimanakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy.
8. Alloh berada di Padang Masyar
Al-Baqoroh : 281
وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ
Artinya: "Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah."
Ayat ini menjelaskan bahwa manusia akan di kembalikan kepada Alloh pada hari kiamat. Kita semua tahu setelah kiamat, manusia akan dikumpulkan di padang Masyar. Maka zohir ayat ini menunjukan bahwa Alloh berada di padang masyar.
Dimakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Ada Di Atas Arsy
Sebagaimana yang telah tampak secara nyata, kita tidaklah mungkin memutuskan bahwa Alloh berada di atas Arsy dengan hanya melihat zohir thoha ayat 5 dan ayat sejenisnya. Sebab banyak ayat lain yang secara zohir menunjukan bahwa Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy.
Jika kita paksakan untuk meyakini Alloh berada di atas arsy maka keyakinan ini akan menyebabkan terjadinya pertentangan dalam al-quran. Padahal kita sama-sama tahu, mustahil dalam al-quran terjadi pertentangan.
Hal yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan membuat standar ganda. Standar pertama: memahami toha: 5 secara zohir dan mengharamkan ta'wil. Standar kedua: menta'wil ayat lain yang menunjukan Alloh tidak berada di atas arsy. Dan inilah yang terjadi pada Wahhabi.
Akan tetapi jika kita menggunakan standar ganda, maka ini cukup membuktikan bahwa kita salah dalam memahami ayat al-quran. Lagi pula Wahhabi telah mengharamkan ta'wil. Mengalihkan makna zohir ayat yang membicarakan sifat Alloh mereka sebut sebagai tahrif.
Itu artinya, standar ganda menyebabkan kita melakukan tahrif. Tentunya kita tidak menginginkan hal itu. Maka standar ganda tidak boleh digunakan.
Sebagai penutup artikel ini saya ingin menukil sebuah perintah dalam surat Adzariyat : 50 :
فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ
Artinya: "Maka pergilah kepada Alloh.."
Apakah dengan melihat zohir ayat ini kemudian anda akan pergi ke atas arsy? Jika tidak, maka Dimakah Tuhan? Ternyata Alloh Tidak Berada Di Atas Arsy'. Itulah jawaban yang benar.
Yang bilang: "Alloh bersemayam di atas arys" kan Alloh sendiri, anda KOK NGEYEL DAN SOK NGAJARI ALLOH
ReplyDeleteDalam ayat lain Alloh menyatakan bahwa Dia tidak berada di atas arsy sebagaimana yg saya jelaskan dlm artikel.
ReplyDeleteKok anda ngeyel dan sok ngajari Alloh.