Skip to main content

Sholat Idul Fitri Hanya Dengan Satu Takbir, Bagaimana Hukumnya?

Sholat Idul Fitri Hanya Dengan Satu Takbir, Bagaimana Hukumnya?,- Tadi siang ada seorang tamu bercerita tentang Sholat Idul Fitri di desanya. Katanya, Sholat Idul Fitri di desanya Hanya Dengan Satu Takbir. 

Sebelum bertanya mengenai bagaimana hukumnya? ia menjelaskan bahwa masyarakat desanya resah. Mereka hawatir jika sang Imam membawa ajaran baru. Karena itu, ia bertanya, aliran apakah itu?

Saya tidak langsung menjawab. Justru saya balik bertanya menggunakan kalimat tebakan. 

"Imamnya masih muda ya?" tanya saya, menebak.
"Iya" Jawab sang tamu.

Mendapat jawaban itu saya langsung membuat kesimpulan seperti ini:

Jika demikian, saya kira Sholat Idul Fitri Hanya Dengan Satu Takbir yang terjadi di desa anda disebabkan oleh lupa. Sebab Sang Imam masih muda. Kemungkinan dia baru pertama kali menjai Imam denga jama'ah yang luarbiasa banyaknya. 

Karena itu ia merasa gerogi. Yang namanya orang gerogi itu tidak bisa konsentrasi. Dalam fikirannya, ia ingin mensudahi tugasnya secepat mungkin. Karena itulah ia lupa jumlah takbir sholat idul fitri. 

Sholat Idul Fitri Hanya Dengan Satu Takbir, Bagaimana Hukumnya?


Tampaknya sang tamu meng-amini kesimpulan yang saya berikan. Ini bisa saya pastikan sebab setelah itu ia menanggapi kesimpulan saya dengan menceritakan bahwa Sang Imam memang baru menyelesaikan belajarnya.

Kemudian ia bertanya, Lalu bagaimana hukumnya Sholat Idul Fitri Hanya Dengan Satu Takbir?

"Hukum sholatnya tetap sah. Sebab 7 takbir pada rokaat pertama dan 5 takbir pada rokaat kedua hukumnya adalah sunah hai'at. 

Meninggalkannya tidak membatalkan sholat sebagaimana meninggalkan takbir intiqol (perpindahan) dari satu rukun fi'li ke rukun lainnya. Juga tidak disunahkan sujud sahwi."

Bagi anda yang ingin membaca takbirnya, berikut saya berikan refrensi dan sedikit cuplikan takbirnya:

1. Imam Syafii, Al-Umm 1/236 

وَلَوْ تَرَكَ التَّكْبِيرَاتِ السَّبْعَ وَالْخَمْسَ عَامِدًا أو نَاسِيًالم يَكُنْ عليه إعَادَةٌ وَلاَ سُجُودُ سَهْوٍ عليه لأَنَّهُ ذِكْرٌ لاَ يُفْسِدُ تَرْكُهُ الصَّلاَةَ

Artinya: Seandainya Imam meninggalkan 7 takbir dan lima takbir baik karena sengaja maupun lupa, maka ia tidak boleh mengulangi serta tidak sujud sahwi sebab takbir tersebut hanya merupakan dzikir yang tidak 

merusak sholat.

2. Al-Qofal, Hilyatul Ulama 2/255

 إذا نسي تكبيرات العيد حتى شرع في القراءة لم يأت بها 

Artinya: Apabila lupa takbir sholat idul fitri hingga hendak membaca (Fatihah), maka takbir tidak dibaca 

3. D.R. Mustofa Al-Khon, Al-Fiqh Al-Minhaji 1/147

وهذه التكبيرات الزائدة على المعتاد سنة، فلو نسيها وشرع في القراءة فاتت وصحت صلاته

Artinya: "Takbir tambahan ini hukumnya sunah. Apabila lupa dan akan bersegera membaca (Fatihah) maka kesunahannya telah habis dan sholatnya (tetap) sah."

Walhasil, Sholat Idul Fitri tidak membaca takbir tambahan tetapi Hanya Dengan Satu Takbir, baik karena lupa maupun disengaja, hukum sholatnya tetap sah. Sebab Takbir tambahan pada rokaat pertama dan kedua hukumnya sunah hai'at yang tidak membatalkan sholat apabila ditinggalkan, wallohu a'lam. (QIA)

Comments

  1. Hard Rock Hotel & Casino Columbus - MapYRO
    Find your way around the casino, find where 김포 출장마사지 everything is 창원 출장샵 located with a map, Hard Rock Hotel & Casino Columbus. Hard Rock 아산 출장마사지 Hotel & Casino Columbus. 1.7 miles 영주 출장마사지 (2 사천 출장샵 km) from O-

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nabi Muhammad Mempersaudarakan Muhajir dan Anshor

Persaudaraan  Muhajir dan Anshor Madinah yang saat itu bernama Yatsrib merupakan fase  baru  dalam hidup Nabi Muhammad . Di sini dimulainya suatu fase politik yang telah diperlihatkan oleh Muhammad dengan segala kecakapan, kemampuan dan pengalamannya, yang akan membuat orang jadi termangu, lalu menundukkan  kepala  sebagai  tanda  hormat  dan  rasa  kagum. Tujuannya yang pokok akan mencapai Yathrib - tanah airnya yang baru - ialah meletakkan dasar kesatuan politik dan organisasi, yang  sebelum  itu  di  seluruh  wilayah  Hijaz belum dikenal; sungguhpun jauh sebelumnya di Yaman memang sudah pernah ada. Sekarang Nabi Muhammad bermusyawarah dengan kedua wazirnya  Abu  Bakr dan  Umar  -  demikianlah  mereka dinamakan. Dengan sendirinya yang menjadi pokok pikirannya yang  mula-mula  ialah  menyusun barisan  kaum Muslimin serta mempererat persatuan mereka, guna menghilangkan segala  bayangan  yang  akan  membangkitkan  api permusuhan  lama di kalangan mereka itu. Strategi Nab

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu , - Dalam al-quran, diahir surat anisa’ ayat 47 terdapat kalimat (yang artinya) “atau kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari sabtu...” Di sana terdapat kalimat hari sabtu dan tentunya ini melahirkan pertanyaan tentang hari sabtu dan itulah yang ditanyakan oleh member grup Fiqih Madzhab Syafi’i yang saya dirikan di facebook. Berikut pertanyaan tentang Tafsir Surat An-Nisa Ayat 47 Tentang Hari Sabtu. Alam Poetra Losariez السلا م عليكم .... Mohon penjelasan para alim,ustadz,ustadzah . Dalam surat an_nisa ayat 47 (d terakhir surat )yangg ber bunyi : ٠٠٠٠اونلعنهم كما لعنا اصحب السبت وكان امرالله مفعولا(٤٧) “... ataw kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang(yang berbuat maksiat) pada hari sabat(sabtu).dan ketetapan bagi allah pasti berlaku(Q,S an_nisa ayat 47) Pertanyaannya ... : ada apa dengan hari sabtu ? apakah hari sabtu hari yang d istimewakan a

Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, Bagaimana hukumnya?

Persoalan Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, saat ini banyak dibicarakan di medsos. Mereka mencoba menjawab pertanyaan Bagaimana hukumnya? Ilustrasi Jawaban Tidak ada yang mensyaratkan sholat jum'at harus di dalam masjid selain madzhab Maliki. Madzhab Syafii yang diikuti oleh mayoritas warga Indonesia, tidak melarang sholat jum'at di luar masjid. Itu artinya, sholat jum'at di jalan raya tetap sah. Berikut ta'bir dalam kitab-kitab madzhab syafii: قال في حاشية الشرواني على تحفة المنهج قول المتن في خطة أبنية...... الخ اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في مغني المحتاج على المنهاج ص ٤١٧ جز اول في قول المتن( أن تقام في خطة أبنية أوطان المجمّعين) اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في شرح المحلي على المنهاج ص ٢٧٢ جز اول   في قول المتن ( أن تقام في خطّة أبنية أوطان المجمّعين) لأنها لم تقم في عصر النّبيّ صلى اللّه عليه وسلّم والخلفاء الراشدين إلاّ في مواضع الإقامة كما هو معلوم وهي ما ذكر سواء فيه المسجد والدّار والفضاء ..اھ قال