Skip to main content

Maulid Nabi: Dalil Wahhabi Runtuh Oleh Fatwa Ibn Taimiyah

Dalil yang paling agung yang digunakan oleh wahhabi untuk mengharamkan (melarang-red) maulid nabi adalah bahwa Nabi, sahabat dan ulama salaf tidak pernah melakukan maulid nabi. Mereka menggunakan kaidah seandainya maulid perbuatan baik niscaya mereka melakukannya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menukil fatwa Ibn Taimiyah yang oleh wahhabi digelari sebagai Syekhul islam untuk memperkuat bantahan saya dan sekaligus membuktikan bahwa dalil yang digunakan oleh para pelaku maulid nabi lebih kuat ketimbang dalil yang digunakan oleh wahhabi.

Melarang sesuatu dengan dalil bahwa hal itu tidak dilakukan sebelumnya disebut istishab oleh ulama ushul fiqih. Dengan demikian dalil yang digunakan oleh wahhabi untuk mengharamkan maulid nabi adalah istishab.

Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa istishab merupakan dalil yang paling lemah. Dalam Majmu’ Fatawa 23/15 dia berkata:
Maulid Nabi: Dalil Wahhabi Runtuh Oleh Fatwa Ibn Taimiyah

أَنَّ التَّمَسُّكَ بِمُجَرَّدِ اسْتِصْحَابِ حَالِ الْعَدَمِ أَضْعَفُ الْأَدِلَّةِ مُطْلَقًا وَأَدْنَى دَلِيلٍ يُرَجَّحُ عَلَيْهِ

Artinya: sesungguhnya berpedoman hanya dengan istishab keadaan tidak ada adalah merupakan dalil yang paling lemah dan rendah secara mutlak dan dapat dikalahkan.

Olehkarena istishab adalah dalil yang lemah maka ia kalah ketika bertentangan dengan dalil yang menetapkan sesuatu. Dalam Majmu’ Fatwa 13/16 Ibn Taimiyah berkata:
Maulid Nabi: Dalil Wahhabi Runtuh Oleh Fatwa Ibn Taimiyah
لَكِنْ الِاسْتِصْحَابُ يُرَجَّحُ بِهِ عِنْدَ التَّعَارُضِ وَمَا دَلَّ عَلَى الْإِثْبَاتِ مِنْ أَنْوَاعِ الْأَدِلَّةِ فَهُوَ رَاجِحٌ عَلَى مُجَرَّدِ اسْتِصْحَابِ النَّفْيِ وَهَذَا هُوَ الصَّوَابُ
Artinya: ... tetapi istishab dapat diungguli ketika bertentangan dan dalil-dalil yang menunjukan ketetapan lebih unggul atas istishab yang meniadakan. Penjelasan ini adalah yang benar.

Istishab yang digunakan sebagai dalil oleh wahhabi ternyata bertentangan dengan dalil-dalil peringatan maulid nabi. Mengenai dalil-dalil peringatan maulid nabi telah saya tulis dalam artikel Dalil Peringatan Maulid Nabi

Dengan merujuk pada fatwa Ibn Taimiyah,  berarti dalil yang digunakan oleh wahhabi runtuh. Wallohu a’lam.

Comments

Popular posts from this blog

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu , - Dalam al-quran, diahir surat anisa’ ayat 47 terdapat kalimat (yang artinya) “atau kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari sabtu...” Di sana terdapat kalimat hari sabtu dan tentunya ini melahirkan pertanyaan tentang hari sabtu dan itulah yang ditanyakan oleh member grup Fiqih Madzhab Syafi’i yang saya dirikan di facebook. Berikut pertanyaan tentang Tafsir Surat An-Nisa Ayat 47 Tentang Hari Sabtu. Alam Poetra Losariez السلا م عليكم .... Mohon penjelasan para alim,ustadz,ustadzah . Dalam surat an_nisa ayat 47 (d terakhir surat )yangg ber bunyi : ٠٠٠٠اونلعنهم كما لعنا اصحب السبت وكان امرالله مفعولا(٤٧) “... ataw kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang(yang berbuat maksiat) pada hari sabat(sabtu).dan ketetapan bagi allah pasti berlaku(Q,S an_nisa ayat 47) Pertanyaannya ... : ada apa dengan hari sabtu ? apakah hari sabtu hari yang d istimewakan a...

Terjemahan Kitab Aqidatul Awam

Terjemahan Kitab Aqidatul Awam Kitab aqidatul awam   adalah kitab tipis karya Sayyid Ahmad Marzuqi. Kitab yang berjumlah 57 bait ini merupakan konsep aqidah asyariyah.  Secara global kitab ini membahas rukun iman yang jumlahnya ada enam; iman kepada Alloh, Iman kepada malaikat Alloh, Iman kepada kitab Alloh, Iman kepada para Nabi, Iman kepada qodho dan qodar, dan iman kepada hari ahir. Oleh karena itu kitab ini sangat penting kita kaji demi menjaga aqidah kita agar tidak teracuni oleh aqidah sesat yang belakangan ini menjamur di Indonesia. Namun karena kitab Aqidatul Awam menggunakan bahasa arab, maka saya pikir perlu diadakan pengalihan bahasa supaya kandungan kitab ini bisa dipahami oleh mereka yang belum belajar bahasa arab. Berikut Terjemahan Kitab Aqidatul Awam. Muqodimah أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ ۩ وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ Saya mulai dengan asmanya Allah; yang Pengasih Sayang artinya bismillah. فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـ...

Sholat Di Tempat Kerja Yang Kotor

Barangkali ada sebagian kita yang bekerja ditempat yang kotor dan dimungkinkan ada najisnya.  Saat kita hendak sholat tentunya kita bertanya-tanya, apakah sah  Sholat Di Tempat Kerja Yang Kotor? Saudara Dani Anggih pernah ditanya mengenai masalah  Sholat Di Tempat Kerja Yang Kotor.  Oleh karena ia belum bisa menjawab maka ia bertanya kepada saya. "Assalamu'alaikum .   U stad temen saya bertanya k e p a d a  saya tapi saya  tidak  bias   men j a w a b. Semoga ustad berkenan menj a wb a nya.  Teman kerja d i  proyek apartemen.  U nt u k sholat dia b a wa pakaian ganti, sajadah dan pakai kardus bekas s e b e gai alas. Y an g namanya proyek kan kesa n nya kotor. Mungkin  s aja d i  ruangan y an g d i  pakai sholat ada y an g pernah buang air kecil, ada j u ga y an g buang sisa makanan . A pakah t e mp a t seperti itu boleh d i  pakai sholat?   T e rima kas i h" Sholat Di Tempat Kerja Yang Kotor ...